Pages

Jumat, 26 Maret 2010

Manfaat Coklat untuk Kesehatan

Coklat? Wah…yummy ….. Mendengar kata coklat saja sudah menggoda lidah. Siapa sih yang tidak suka dengan coklat?. Selain kenikmatannya, coklat juga mempunyai segudang manfaat. Chek it out!

Coklat dengan kandungan kakao (biji coklat) lebih dari 70 % memiliki manfaat untuk kesehatan. Karena coklat kaya akan kandungan antioksidan yaitu fenol dan flavonoid. Dengan kandungan antioksidan ini bahkan lebih banyak dari teh hijau, minuman yang selama ini sering dianggap sebagai sumber antioksidan.

Dengan adanya antioksaidan, coklat menjadi salah satu minuman untuk kesehatan. Coklat juga mengandung zat atau nutrisi yang penting untuk tubauh, sperti zat besi, kalium dan kalsium. Kakao sendiri merupakan sumber magnesium alami tertinggi. Jika seseorang kekurangan magnesium, ia dapat mengalami hipertensi, penyakit tulang, diabetes, penyakit persendian dan masalah bulanan wanita yaitu pra menstruasi (PMS). Dengan makan coklat, akan menambah magnesium dalam asupan gizi harioan yang menyebabkan meningkatnya kadar progesterone pada wanita. Hal ini dapat mengurangi efak negative dari PMS.

Terus apa lagi manfaat dari coklat ?
Manfaat lain dari coklat adalah untuk kecantikan. Karena, antioksidan dan katekin yang ada di dalamnya dapat mncegah penuaan dini. Maka, tidak heran bila saat ini berkembang lulur yang sangat baik untuk kecantikan kulit.

And these are the healthiest chocolate ever :
• Dark chocolate
Dark chocolate mempunyai kandungan biji coklat (kakao) yang paling tinggi yaitu paling sedikit 70% mengandung kakao. Dark chocolate memiliki kandungan kakao terbanyak tanpa banyak gula dan lemak jenuh atau minyak sayur terhidrogenasi (HVO).
• White chocolate
White chocolate hanya memiliki kandungan kakao sebanyak 33%, sisanya gula, susu dan vanilla. Kandungan gula inilah yang dapat memberi efek negative, seperti kerusakan gigi dan penyakit diabetes.
• Milk chocolate
Milk chocolate (coklat susu) merupakan campuran kakao dengan susu dan ditambah gula. Coklat ini juga sangat digemari karena rasanya yang nikmat.
Kesalahan yang sering dilakukan pada saat memilih coklat adalah memilih coklat “bermerk” yang dijual dengan harga murah sampai sangat murah. Coklat demikian memilki kandungan kakao sedikit yaitu rata-rata kurang dari 20%, bahkan ada yang kurang dari 7%. Coklat ini juga memiliki kandungan gula yang tinggi, lemak jenuh tinggi dan keburukan lainnya seperti minyak sayur yang terhidrogenesi (HVO) sehingga mengakibatkan seperti kerusakan gigi dan penyakit diabetes.

Produk coklat lain yang juga berbahaya dan buruk untuk kesehatan khususnya yang berupa fondant (yang biasa digunakan untuk menghias kue)dan praline. Fondant sebenarya mengandung 100% pemanis dan praline juga sama buruknya.
Sebisa mungkin pilh cokalt dengan kandungan sedikit, sehingga kita dapat merasakan manfaat sebenarnya dari coklat.
Semoga hal ini dapat bermanfaat bagi Anda…..!

Enjoy your chocolate!

1 komentar:

  1. Coklat yang uenak ini ternyata bisa mempercepat kerusakan gigi.

    BalasHapus